Geosynthetic Indonesia

Friday, November 22, 2013

Definisi dan jenis dari Geosynthetics


Jenis geosynthetics
Geosynthetics

Geosynthetics adalah material buatan manusia, terutama polymer (sejenis plastik) yang digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan teknik sipil yang berhubungan dengan tanah dan batuan. Kalo dilihat dari susunan bahasa, Geosynthetics (Geosintetik) terdiri dari kata Geo berarti bumi, dan Sintetik, yang artinya buatan. Sehingga Geosynthetics adalah komponen buatan manusia yang digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan tanah.

Berikut adalah beberapa jenis berhubungan dengan geosynthetics berdasarkan International Geosynthetic Socciety (IGS)  :

1. Geotekstil ; bahan yang mengaliran air dari anyaman (woven) atau tanpa anyaman (non-woven) dari benang-benang atau serat-serat sintetik yang digunakan dalam pekerjaan tanah.
2. Geogrid ; geotekstil yang berupa lubang-lubang berbentuk segi empat (geotextile grid) atau lubang berbentuk jaring (geotextile net), biasanya terbuat dari bahan Polyester (PET) atau High Density Polyethyline (HDPE).
3. Geocomposite ; kombinasi dua atau lebih tipe geosintetik.
4. Geomembrane ; geosintetik yang bersifat impermeable atau tidak tembus air, biasanya dibuat dari bahan High Density Polyethylene.
5. Geocell ; geosintetik berbentuk sel-sel sebagai bahan penahan erosi atau perkuatan, terbuat dari bahan High Density Polyethylene.
6. Geospacer ; bahan sintetis yang ditempatkan di antara dua bahan sintetis lain biasanya digunakan pada konstruksi drain.

No comments:

Post a Comment

Jual Geotextile di Indonesia